Mendorong Digitalisasi UMKM Dalam Peningkatan Level Bisnis



         Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia mendorong digitalisasi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk meningkatkan level bisnis mereka, mulai dari promosi hingga penjualan. "Kadin terlibat dalam mendukung UMKM kita untuk tidak lagi menggunakan teknologi kuno dalam melakukan promosi, namun masuk ke pasar digital," ujar Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Pengembangan Otonomi Daerah, Sarman Simanjorang, di Jakarta, Kamis. Ia mengatakan bahwa digitalisasi dapat membuka peluang-peluang baru yang dapat mengubah berbagai aspek kehidupan, terutama di negara-negara berkembang seperti Indonesia.

 

        Digitalisasi juga diharapkan dapat mendukung target Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) untuk membantu 30 juta UMKM memasuki ekosistem digital pada tahun 2025. Kadin, katanya, secara aktif terlibat dalam mempromosikan transisi UMKM dari penjualan dan promosi konvensional ke pemasaran digital. Lebih lanjut dia mengatakan dia yakin hal itu tidak hanya akan mendukung akses pasar bagi UMKM, tetapi juga mendorong generasi muda untuk terlibat dalam berbisnis dengan cara yang lebih modern.

 

        "Ini juga menjadi daya tarik bagi generasi muda kita sehingga mereka tidak perlu lagi khawatir untuk berpromosi dengan berbagai sarana dan prasarana digital yang dapat menjangkau masyarakat luas," imbuhnya. Simanjorang menggarisbawahi bahwa Kadin juga berkolaborasi dengan beberapa industri untuk meningkatkan kemampuan digital para pekerja. Kadin berusaha untuk meningkatkan ekonomi digital dengan berfokus pada peningkatan pengetahuan UMKM melalui pelatihan digitalisasi dan pengembangan platform informasi digital.

 

        Kadin mempresentasikan peta jalan untuk mewujudkan Visi Indonesia Emas 2045 kepada Presiden Joko Widodo, yang menyoroti pentingnya pengembangan infrastruktur digital, antara lain dengan mengembangkan infrastruktur digital yang luas, Kadin berharap untuk memastikan akses internet yang cepat dan terjangkau di seluruh Indonesia, termasuk di daerah-daerah terpencil. "Kita tahu bahwa ada hampir 60 juta UMKM di seluruh Indonesia dan mereka berada di daerah-daerah dan kami ingin mereka melek teknologi di berbagai aspek," katanya. Berita terkait: Kemenkop dan RRI bekerja sama percepat digitalisasi UMKM Berita terkait: Kemenkop dan UKM bagikan lima kiat jitu jaga keberlangsungan bisnis UMKM

 

Posting Komentar untuk "Mendorong Digitalisasi UMKM Dalam Peningkatan Level Bisnis"